PERTEMUAN KEDUA
jenis-jenis Fotografi

Tujuan Pembelajaran : Siswa/ pelajar dapat mengetahui tentang jenis Fotografi

Kali ini kita akan belajar tentang alat bantu Fotografi

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai alat bantu Fotografi

Dalam pemotretan, selain menggunakan kamera dengan segala fasilitasnya, ada kalanya kita memerlukan alat pendukung untuk memaksimalkan hasil pemotretan kita. Alat pendukung ini sangat berguna untuk membantu kita dalam setiap pemotretan dan penggunaan alat bantu fotografi tergantung pada kebutuhan kita. Penggunaan alat bantu dapat mempengaruhi hasil pemotretan yang akan kita peroleh. Semuanya tergantung pada sejauh mana kreatifitas kita dalam menciptakan karya fotografi dan seperti apa foto yang kita inginkan. Ada 3 jenis alat bantu fotografi yang harus kita kenali, yaitu:

1.  Alat Bantu Pemotretan

(Filter, Tudung Lensa, Tripod, Monopod, Kabel Release, Background, Stand Background)

2. Alat Bantu Pencahayaan

(Flash atau Blitz, Slave Unit, Sincro Cable/Kabel Sinkro, Holder atau Braket, Strobo atau Strobe, AC Slave, Snoot, Payung Reflektor, Reflektor, Soft Box, Barndoors, Honeycomb/Sarang Tawon, Light Stand, Flash Meter, Infrared Sender, Trigger)

Filter

Sesuai dengan namanya alat ini cara kerjanya sama seperti filter pada umumnya yaitu sebagai penyaring, jika di dalam rokok berguna menyaring asap

Tapi disini filter berfungsi menyaring cahaya yang masuk sehingga menimbulkan efek-efek yang kita inginkan.

Penggunaannya dengan cara dipasang  diujung  lensa. Bentuk filter ada  dua  yaitu square (kotak) dan circle (bulat). Jika menggunakan filter square, kita harus menambahkan ring khusus  di depan lensa.

Untuk penggunaan filter yang bentuknya bulat, kita harus memperhatikan diameter dari lensa kamera yang kita gunakan.

Tudung

Alat yang dipasang pada lensa ini berfungsi menghilangkan cahaya/sinar yang tidak diinginkan masuk kedalam lensa karena cahaya tersebut biasanya dapat menyebabkan flare pada hasil pemotretan.

Flare dapat merusak hasil foto karena menurunkan kontras dan mengurangi saturasi warna.  Alat ini sangat berguna terutama pada pemotretan yang berhadapan langsung dengan arah datangnya cahaya.

Tripod

Tripod atau biasa disebut kaki tiga berfungsi sebagai peyangga kamera saat pemotretan agar kamera tidak mengalami guncangan (shaking).

Biasanya digunakan pada pemotretan yang menggunakan kecepatan (speed ) rendah/lambat dan untuk menopang lensa-lensa panjang.

Monopod

Mempunyai fungsi yang sama dengan tripod tetapi hanya bentuknya yang berbeda yaitu hanya satu kaki sehingga lebih praktis.

Kabel Shutter

Bentuknya hampir seperti injeksi yang lentur berfungsi untuk menghindari goncangan saat shutter ditekan karena saat memakai alat ini kita tidak perlu menekan shutter secara langsung.
Penggunaannya dipasang pada soket kabel release yang biasanya terdapat pada tombol shutter.
Biasanya ini soulmate-nya tripod dan biar penggunaan tripod lebih afdol.

Tentor Skill
Web Designer 40%
Photography 60%