Jalankan Adobe Photoshop, Sebelum menggunakan aplikasi satu ini ada baiknya sobat perhatikan pada tool-tool nya terlebih dahulu. Seringkali letak tool-tool (palette) Adobe Photoshop sudah berubah dimodifikasi oleh pengguna sebelumnya. Untuk mengembalikan letak palette ini gunakanlah menu Windows > Workspace > Reset Palette Location, agar posisi (palette) pada photoshop kembali ke posisi awal. Berikut Area kerja

Adobe Photoshop dapat dilihat pada gambar dibawah :

KETERANGAN :
1. (Menu Bar), berisi perintah utama untuk membuka perintah. Biasanya terdapat text file, Edit, image, layer, type, select, filter, view, window, help. Didalam text file terdapat banyak perintah diantaranya open, new, save, save as, dan lain-lain. Begitu juga dengan text edit, image, layer, dan seterusnya terdapat banyak perintah / pilihan.

2. (Option Tool), berisi pilihan dari tool yang Anda pilih. Misalnya dipilih Move tool, maka terdapat berbagai pilihan tool dari Move tool disini.

3. (Gambar), menampilkan gambar yang sedang dibuat atau diedit atau di design.

4. (Pallete Well), cara cepat untuk mengakses palet brushes, tool resets dan Layer Comps. Juga dapat digunakan untuk meletakkan palet yang sering digunakan agar cara penggunaan lebih praktis.

5. (Toolbox), berisi tool-tool untuk menyeleksi dan memodifikasi gambar atau mengkreasikan gambar design’an kita.

6. (Palette Property), berisi jendela-jendela kecil yang di dalamnya terdapat perintah dan pilihan untuk dokumen/gambar yang sedang dikerjakan dan lain-lain.

7. (Controls Windows), perintah untuk close (keluar dari aplikasi), restore (untuk mengecil dan melebarkan tampilan pada layar monitor), dan minimize (untuk keluar sementara dari tampilan aplikasi kita).

8. (Area Layer Active), digunakan untuk mengatur tata letak layer-layer gambar/file yang sedang diedit. Sesuai dengan keinginan.

MENYELEKSI GAMBAR

(Yang dimaksut menyeleksi pada photoshop) : Menyeleksi Gambar pada Phtoshop. Menyeleksi berarti memilih bagian tertentu dari gambar. Dengan seleksi kita dapat mengcopy, mengubah, menggeser, atau menambahkan efek kepada bagian yang terseleksi tanpa mempengaruhi bagian lain.

(Ada tiga cara menyeleksi yaitu) :
1. Marquee Tool, yaitu menyeleksi dalam bentuk elips, row, kotak, dan kolom.
2. Lasso Tool (Magnetic Lasso Tool),digunakan untuk menyeleksi dalam bentuk bebas,poligonal atau menyesuaikan kontrasan pada gambar.
3. Magic Wand Tool, untuk menyeleksi berdasarkan persamaan warna.

(Tipe seleksi ada dua (dapat dipilih pada Option Bar), yaitu) :
1. Normal, memiliki pinggiran yang tajam.
2. Feather, memiliki pinggiran yang halus atau kabur.

Post Author: Ratih Kward

Tinggalkan Balasan